Kami menerima tulisan maupun foto pertunjukan. Silahkan kirim ke tomo_orok@hotmail.com

Senin, 12 November 2007

Hasil Seleksi GATEL 2007

>>Anget-Anget Tahi Ayam<<

Baru saja hasil kurasi peserta GATEL diumumkan. Jumlah keseluruhan peserta GATEL 2007 yang mengumpulkan formulir seleksi ada 9 grup. Dari teater sekolah ada Teater Ombak SMA 1 Kuta Utara, Teater Topeng SMA 2 Denpasar, Teater Tiga SMA 3 Denpasar, Teater Blabar SMA 4 Denpasar, Teater Kirana SMA 6 Denpasar dan Teater Antariksa SMA 7 Denpasar. Sedang dari teater kampus ada Teater Orok Universitas Udayana dan Sanggar Purbacaraka Faksas Universita Udayana. Satu kelompok teater umum yang juga mengumpulkan formulir seleksi adalah Komunitas Mata.

Tahun ini panitia GATEL menunjuk 3 orang sebagai tim kurasi yakni Elvis O Parluxtond, Yuanita Ramadhani dan Giri Ratomo. Menurut tim kurasi, kriteria pertama yang menjadi pertimbangan sebuag kelompok dapat lolos seleksi atau tidak adalah dilihat dari aktivitas latihan atau proses latihan naskah yang akan dipentaskan. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kesiapan tim produksi, pemilihan naskah dan track record pementasan-pementasan sebelumnya.


Tim kurasi sendiri mengeluhkan bahwa sedikit sekali kelompok teater yang menyadari pentingnya latihan rutin, meskipun tidak ada event pementasan. Tidak heran bila, dari 9 kelompok yang mengikuti seleksi hampir kebanyakan tak bisa lolos.
Mereka yang lolos dan akan pentas di panggung GATEL adalah Teater Topeng, Teater Blabar , Teater Kirana dan Teater Orok.

Kata salah seorang tim kurasi, sebenarnya Teater Tiga memenuhi persyaratan lolos seleksi, namun disayangkan sampai hari pengumuman seleksi pihak sekolah SMA 3 Denpasar belum memberikan ijin anak didiknya ikut berpartisipasi di event GATEL.

Dari hasil kurasi ini, bisa dipastikan tanggal 14 sampai dengan 19 Desember 2007 nanti, panggung GATEL akan semarak dengan pementasan teater terpilih. Kata salah seorang panitia, Meymey, ada 5 bintang tamu yang akan manggung. Mereka adalah Creamer Box dari Bandung, Teater LAH dari Jakarta, TEKU dari Jogjakarta, Teater Seribu Jendela dari Singaraja dan Kelompok Satu Kosong Delapan dari Denpasar.

>>

Tidak ada komentar:

General Rehearseal

General Rehearseal
a Time between Us by Teater Satu Kosong Delapan

Exercise

Exercise
Teater Satu Kosong Delapan