Kami menerima tulisan maupun foto pertunjukan. Silahkan kirim ke tomo_orok@hotmail.com

Minggu, 11 November 2007

Gatel di hari Minggu

>>Malam Minggu atau Hari Minggu atau apalah<<

Teman akrab saya - cowok - berkelakar;" mBrow, ini malem Minggu looh..masa gini-gini ajaaaah". Saya diam saja.
Teman saya yang lain, sambil berkemas dengan rambut klimis dan wangi, nyengir dengan santun dan ngomong;" ums..pergi dulu ya..ehm ga malem mingguan neh?". Saya ikut senyum.

Iya ya? Malem Minggu. Dan sekarang hari Minggu.

Hari Minggu pagi.
>> di Bali hari Minggu ini adalah hari banyupinaruh. Satu hari setelah hari raya saraswati - hari penghormatan kepada dewi pengetahuan - orang berbondong-bondong pergi ke pantai. Berendam atau sekedar jalan-jalan. Pantai di Bali biasanya tumplek blek penuh manusia.
Tapi sepertinya dari pagi subuh tadi hujan turun tiada terkira. Cobalah tengok dahan dan ranting, pohon dan kebun basah semua. Kuta, Sanur, Lebih, Lovina ramai ga ya?

Seramai teman-teman teater La jose kah?

Ups..pembaca yang budiman..
Hari Minggu ini panitia GATEL (gelar teater se bali) yakni teman-teman La Jose dari SMAK Santo Yosep sudah mulai rapat rapet merapatkan diri untuk event yang akan digeber Desember nanti. Mulai 14 sampai 19 Desember 2007, Denpasar akan disuguhi tontonan teater dari kelompok teater umum dan SMA dari Bali serta luar Bali.

Mudah-mudahan yang main benar-benar uhui ya....

Semestinya begitu. Kenapa? sebab GATEL kali ini hanya kelompok terseleksi saja yang bisa mentas.

Weeeeeh heboooh amat...emang ada yang mau ngikut?

Jangan salah! Ternyata event GATEL merupakan durian yang lama ditunggu keruntuhannya oleh para penggiat teater. Maklum, para penggiat teater (Denpasar) masih selalu mentas "dalam rangka".

ehmmm..jadi dalam rangka ada event baru produksi, begitu?

BetuL! tak heran bila ada 5 teater SMA di Denpasar (ples 1 - tuan rumah -)yang mulai sibuk milih-milih naskah dan tentu mulai latihan. Ditambah 2 teater kampus dari Denpasar yakni teater Orok dan Sanggar Purbacaraka Faksas Universitas Udayana ikut pula mulai latihan. Terus ada pula Komunitas Mata dan teater SatuKosongDelapan ikut-ikutan heboh latihan.

wuuuh semangat banget boosss..trus mereka pentas semua?

Belum tentu. Sebab GATEL kali ini ada proses kurasi. Jadi sebelumnya kelompok teater yang akan mentas dan sudah menyerahkan naskahnya tersebut akan diseleksi oleh tim kurasi. Bila mereka memenuhi syarat baru bisa mentas.

Weeeeh susyah ya? emang syaratnya apa aja?

Nah ini dia..kata panitia, penyeleksian didasarkan pada proses latihannya. Artinya, bila kelompok teater tersebut sampai hari ini belum mulai latihan, besar kemungkinan mereka tak lolos. Panitia - juga tim kurasi - sampai hari ini sudah mulai melakukan kontak per telpon maupun datang langsung ke tempat latihan calon peserta tersebut.

Seruuu jugaa...terus kapan diumumin yang lolos seleksi?

Kata panitia, hasil seleksi yang bakal pentas di GATEL akan diumumkan besok di SMA Santo Yoseph Denpasar.

Trus dari luar Bali siapa ja yang maeeen?

Dari luar Bali di pastikan ada Creamer Box dari Bandung, Teku dari Jogjakarta, LAH dari Jakarta. Dari Teater Seribu Jendela Singaraja juga akan pentas dan mereka merupakan tamu undangan.

>>Semoga GATEL tahun ini benar-benar ada yang beda secara kualitas<<



Tidak ada komentar:

General Rehearseal

General Rehearseal
a Time between Us by Teater Satu Kosong Delapan

Exercise

Exercise
Teater Satu Kosong Delapan