Kami menerima tulisan maupun foto pertunjukan. Silahkan kirim ke tomo_orok@hotmail.com

Minggu, 27 April 2008

Negeri Perempuan

>> Pentas Teater Topeng SMAN 2 Denpasar <<

Masih dalam suasana hangat peringatan hari Kartini, Teater Topeng SMAN 2 Denpasar mengadakan pentas tunggal drama berjudul "Negeri Perempuan".
Bertempat di Open Stage RRI Denpasar Jalan Hayam Wuruk Denpasar pada Sabtu (26/4) pukul 8 malam, drama yang disutradarai Sukmawati ini mendapat sambutan yang hangat dari penonton.

Negeri Perempuan berkisah tentang sebuah negeri yang didominasi oleh kekuasaan laki-laki. Selama bertahun-tahun laki-laki berkuasa, perempuan selalu ditekan dan ditindas. Di negeri tersebut hanya ada satu perempuan yang dianggap berani terhadap laki-laki yakni seorang pelacur. Pelacur tersebut hampir setiap hari mendapat surat yang berisi keluhan dari perempuan. Pada suatu ketika pelacur tersebut membunuh seorang Pak Pos. Keberanian pelacur membunuh laki-laki (Pak Pos) memberi inspirasi bagi para perempuan di negeri tersebut untuk mogok hingga kemudian terjadi suasana chaos yakni pemberontakan dan pembunuhan terhadap raja laki-laki.
Setelah terbunuhnya raja laki-laki, pemerintahan selanjutnya berganti dengan pemerintahan perempuan. Suasana berbalik 180 derajat. Para perempuan yang dulunya tertindas berganti menindas laki-laki. Dan toh, setelah perempuan berkuasa keadaan tidak menjadi lebih baik.

Naskah karya Sonia P. ini adalah salah satu naskah terbaik lomba penulisan naskah perempuan yang digagas Kelompok Tulus Ngayah pada tahun 2005.

Negeri Perempuan garapan Sukmawati ini dimainkan oleh belasan pemain yang masih berusia sangat muda. Kebanyakan pemain adalah kelas 1 SMA.
Bermain di open stage, tanpa bantuan mikrophon/pengeras suara tentu adalah tantangan yang cukup berat bagi para pemain.

Namun, toh permainan Teater Topeng - yang memang mempunyai ciri khas dalam penyajian yakni selalu segar - mampu menahan para penonton untuk tetap diam ditempat hingga akhir pementasan yang berlanjut dengan diskusi.

Selamat!





2 komentar:

Dadap mengatakan...

aku punya poto2nya... hehe...

Boim Lebon mengatakan...

ceritanya seru juga nih buat di tonton....

General Rehearseal

General Rehearseal
a Time between Us by Teater Satu Kosong Delapan

Exercise

Exercise
Teater Satu Kosong Delapan